Perbedaan Cetak Digital dan Rotogravure: Mana yang Lebih Baik ?

cetak digital-dan-cetak-rotogravure

Kedua metode ini menawarkan keunggulan tersendiri, namun perlu adanya pemahaman tentang perbedaan diantara keduanya agar tidak salah dalam memilih metode cetak pada kemasan. Untuk itu, mari perhatikan rangkuman tentang “Perbedaan cetak digital dan cetak rotogravure” dalam pembuatan kemasan fleksibel.

Apa itu Cetak Digital?

cetak-digital

Cetak digital atau digital printing adalah metode modern yang sudah tidak lagi menggunakan metode plat cetak untuk mencetak gambar dari satu roll besar. Metode cetak digital menggunakan toner (seperti pada printer laser) atau tinta cair untuk mencetak gambar pada permukaan material atau substrat.

Keunggulan Cetak Digital

Dalam membuat sebuah kantong kemasan fleksibel, terutama untuk beberapa bisnis seperti UMKM, cetak digital dapat menjadi solusi pembuatan kemasan karena beberapa alasan, diantaranya :

Tidak Menggunakan Plat Cetak

Karena tidak memerlukan biaya untuk membuat plate untuk mencetak kemasan. Biaya investasi yang minimum ini dapat membantu efisiensi budget bisnis.

Dapat Mengerjakan Kemasan Dalam Jumlah Kecil

Cetak digital dapat digunakan untuk mengerjakan project kemasan fleksibel dalam jumlah yang lebih sedikit. Anda dapat membuat kemasan dengan jumlah sekitar 300 hingga 1000 pcs tanpa harus mengeluarkan biaya investasi plat cetak.

Waktu Pengerjaan yang Lebih Singkat

Karena mampu mengerjakan produk dalam jumlah yang lebih sedikit, tentu proses cetak kemasan menggunakan cetak digital akan lebih cepat dibanding mencetak menggunakan digital printing.

Meski memiliki banyak keuntungan, bukan berarti cetak rotogravure tidak memiliki kelebihan yang dapat bersaing bersaing dengan cetak digital. Berikut beberapa penjelasannya :

Apa itu Cetak Rotogravure?

cetak-rotogravure

Cetak rotogravure merupakan metode percetakan kemasan fleksibel (flexible packaging) yang digunakan oleh hampir semua industri kemasan fleksibel. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, cetak rotogravure menggunakan plat cetak sebagai media untuk melakukan proses printing atau pencetakan pada kemasan. 

Plat cetak merupakan layer ukiran (gravure) yang dipasangkan pada silinder cetak yang nantinya akan mengirim tinta dari bak tinta menuju permukaan kemasan. Meskipun memakan biaya investasi lebih tinggi dibanding cetak digital, perbedaan metode ini tetap memiliki banyak kelebihan tersendiri.

Kelebihan Menggunakan Cetak Rotogravure

Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari menggunakan metode cetak rotogravure diantaranya : 

  1. Lebih mumpuni dalam pemrosesan material jangka panjang. Dengan menggunakan cetak rotogravure, anda akan mendapatkan hasil yang lebih konsisten.
  2. Harga satuan produk yang lebih rendah. Anda hanya perlu memakan biaya 1/4 atau bahkan lebih rendah dibanding cetak digital jika mencetak dalam jumlah yang lebih tinggi.
  3. Dapat mencetak material yang lebih beragam dibanding mesin cetak digital
  4. Memiliki detail warna yang lebih tinggi dan konsisten dalam waktu yang lebih cepat dan jumlah yang lebih banyak.
  5. Dapat diberikan pilihan laminasi untuk mempercantik tampilan seperti pencetakan matt, glossy, serta warna pantone.

Metode Cetak Mana yang Lebih Baik ? (Cetak Digital atau Rotogravure ?)

Jika diperhatikan kembali kelebihan-kelebihan apa saja yang bisa didapatkan, anda dapat menimbang kembali kebutuhan pembuatan kemasan untuk bisnis anda. Jika anda adalah seorang pengusaha UKM yang sedang ingin mencoba mengembangkan brand dengan membuat kemasan namun dalam jumlah kecil hingga sedang, anda dapat memanfaatkan cetak digital untuk membuat kemasan. Dengan menggunakan cetak digital, anda bisa mempercantik kemasan meskipun dengan jumlah project yang lebih sedikit.

Namun, jika anda membutuhkan harga yang lebih murah dalam jumlah yang lebih banyak anda dapat menggunakan metode cetak rotogravure karena mesin ini mampu menghasilkan produk dalam jumlah yang lebih banyak namun tetap memiliki kualitas warna yang konsisten. 

Meskipun harus mengeluarkan biaya investasi yang lebih tinggi, namun proses ini akan lebih menguntungkan jika dihitung dalam jangka waktu panjang.

Semoga pembahasan tentang perbedaan cetak digital dan rotogravure ini dapat lebih memberikan referensi yang baik jika anda ingin mengembangkan bisnis dengan menggunakan kemasan fleksibel.

Jika anda sudah memiliki mesin cetak kemasan dan membutuhkan mesin bag making (bag making machine) untuk membuat kemasan ataupun equipment pendukung seperti anti static bar dan EPC/LPC, anda dapat menghubungi kami lewat kontak whatsapp yang tersedia.

Scroll to Top