Jual Web Guide System Arise

Masalah yang Umum Dihadapi Pada Proses Printing Kemasan

Dalam proses printing kemasan atau flexible packaging, mesin akan sangat rawan menghadapi beberapa error atau masalah. Hal itu cukup normal karena mesin bergerak dengan cukup masif dalam waktu yang sangat cepat.

Dalam proses printing kemasan atau flexible packaging, mesin akan sangat rawan menghadapi beberapa error atau kendala. Kendala umum yang biasa dihadapi dalam proses printing rotogravure atau flexo : 

Bahan Web yang kurang berkualitas

Masalah pertama yang rawan dihadapi pada proses printing bisa berasal dari bahan web dengan ketebalan yang kurang maksimal. Masalah lain seperti gulungan roll yang berantakan sehingga akan rawan menyebabkan proses printing berantakan karena arah yang tidak sejajar.

Kendala Produksi Printing

Kendala Sebelum Produksi

Beberapa kendala yang mungkin terjadi saat proses printing seperti tension atau tegangan web yang kurang maksimal. bahan web yang longgar atau melengkung akan menyebabkan bahan bergerak ke arah sisi yang lebih rapat. Akibatnya, bahan web akan saling menempel dan menyebabkan waste pada produk.

Selain masalah tersebut, masalah produksi lain juga dapat disebabkan oleh beberapa kendala lain seperti pemasangan roll yang tidak lurus.

Kendala Saat Produksi

Selain beberapa kendala sebelum produksi, beberapa masalah saat proses printing juga juga dapat terjadi. bahan web yang longgar atau melengkung akan memengaruhi seberapa lurus web bergerak ke hilir. Tidak hanya itu, terdapat masalah lain seperti pergeseran web atau bisa disebut web steering.

Kenapa Memilih Web Guide Untuk Mesin Printing

Web Guide ini digunakan agar mesin dengan cepat memperbaiki kesalahan saat bahan web berjalan. Rektifikasi tipe rangka yang sangat kompak dengan operasi terintegrasi dan teknologi kendali jarak jauh, mampu memandu posisi koil dalam kondisi rentang masuk dan keluar minimum, dengan respons dinamis yang baik dan presisi eksekusi yang tinggi.

Alat ini bekerja dengan cara memindahkan bagian tepi atau tengah web ke posisi tertentu. Pemandu lokasi atau guide position akan mengarahkan web melalui mesin pada posisi yang konsisten, lokasi perantara, atau winder untuk meningkatkan kualitas tepi roll. alat ini dapat bergerak sekadar untuk mempertahankan web di roll hingga meminimalkan kehilangan trim sampai proses mencetak warna hingga beberapa meter.

Web Guiding system dapat bekerja baik secara otomatis maupun manual. Jika dikerjakan secara aktif, maka mesin akan secara otomatis menjaga dan menggerakkan web pada posisi yang sudah ditentukan.

Rangkaian Alat Pada Web Guide

Web Guide bekerja pada serangkaian 4 alat utama yang saling bekerja sama untuk membuat web atau substrat tetap bergerak pada jalur tepat, alat tersebut diantaranya :

1. Web Sensor

Sensor pada EPC/LPC ini berfungsi untuk menangkap sinyal terkait pergerakan web atau substrat. Jika pada proses produksi substrat mengalami perubahan, maka sensor akan membuat sebuah sinyal dan memberi arahan pada actuator untuk segera menyesuaikan kembali pada setting awal.

2. Web Guide Controller

Controller merupakan alat yang bertugas memberikan informasi kepada pengguna mengenai proses substrat yang bergerak. Jika sensor mendeteksi beberapa perubahan tertentu, maka controller akan menunjukkan perubahan yang terjadi serta memberikan perintah pada actuator untuk menyesuaikan kembali substrat agar kembali pada posisi semula.

Untuk proses penyesuaian substrat, pengguna dapat mengatur beberapa pilihan metode baik itu manual maupun otomatis.

3. Web Guide Actuator

Jika dalam proses printing terjadi perubahan pada substrat. Maka actuator akan bergerak supaya substrat dapat kembali pada bergerak pada posisi yang sesuai.

Cara Kerja Web Guide

Web Guide system memiliki tahapan kerja yang cukup sederhana untuk digunakan pada segala mesin baik itu printing, atau mesin seperti slitter, coating, blown film, dan lain sebagainya. Berikut tahapan kerja sistem web guiding sytem :

1. Pengambilan gambar

Sistem web guide akan mengambil gambar dari web atau bahan cetakan yang akan dicetak menggunakan kamera. Gambar ini akan digunakan sebagai acuan untuk menentukan posisi web.

2. Pemrosesan gambar

Gambar yang diambil oleh sistem web guide akan diproses secara digital untuk menentukan posisi bahan web. Pemrosesan ini dilakukan oleh perangkat lunak yang terintegrasi dalam sistem.

3. Pengontrolan bahan web

Setelah posisi bahan cetak ditentukan, sistem web guide akan melakukan proses pencocokan posisi awal dan mendeteksi posisi yang telah ditentukan  melalui mesin sensor untuk memastikan posisi yang tepat.

4. Pemantauan dan koreksi

web guide system akan terus memantau posisi bahan selama proses pencetakan berlangsung. Jika terjadi perubahan posisi pada web, sistem akan mengoreksi posisi bahan web agar tetap sejajar sesuai posisi yang sudah di atur dari awal.

Miliki Web Guide System Terbaik Sekarang

Kami memiliki produk web guide system yang sudah dipercaya lebih dari 20 tahun di banyak perusahaan untuk menjaga proses produksi mesin mereka. Dapatkan penawaran harga terjangkau untuk pembelian anda dengan menghubungi tim sales & engineer kami pada kontak yang tersedia.

Scroll to Top