Tips Mengoperasikan dan Pengujian All-in-One Web Guide System

tips-mengoperasikan web guide system

Web Guide System merupakan alat penting pada proses kerja yang digunakan untuk alignment (mensejajarkan) material saat proses produksi berlangsung. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, perlu dipastikan beberapa hal telah dilakukan dengan baik seperti contohnya instalasi atau pemasangan.

All-in-One Web Guide merupakan EPC/LPC yang berisi serangkaian web guide dalam satu alat. Alat ini dapat membantu alignment untuk (mensejajarkan).

Sekarang, kami akan memperkenalkan beberapa tips untuk mengoperasikan dan menguji sistem panduan setelah menjalankan instalasi alat.

Operasi Pada Main Interface

main-interface-web-guide-system
  1. Pasang rak dan mesin all-in-one, sambungkan daya dan sensor mesin all-in-one ke soket yang sesuai, dan nyalakan.
  2. Masuk ke mode “manual” antarmuka utama dan tekan tombol “menu fungsi”. Setelahnya, tekan tombol “self-learning” untuk masuk ke mode adaptasi otomatis all-in-one. Setelah itu, alat akan otomatis kembali ke mode “manual”.
  3. Tekan tombol “back to center”, lalu sentuh tombol “manual”, masing-masing menekan material dari lapisan yang sama sesuai dengan “diagram penetrasi material”. Jalankan mesin utama selama beberapa menit untuk memindahkan material selama periode waktu tertentu.
  4. Dalam mode “manual”, sesuaikan posisi sensor dan bracket bergerak dalam rentang besar, lalu sesuaikan knob putar dalam rentang kecil. (Sesuaikan posisi hingga tampilan offset sensor sekitar 50%)
  5. Dalam mode “otomatis”, sesuaikan tepi lapisan material lainnya agar sejajar dengan tepi referensi berdasarkan satu lapisan, dan koreksi serta debugging selesai.

Melakukan Kalibrasi sensor inframerah

Setelah mengoperasikan main interface, anda dapat melakukan beberapa pengetesan beberapa bahan yang sulit diidentifikasi. Salah satu cara yang dilakukan adalah melakukan kalibrasi pada sensor inframerah, berikut beberapa tips nya :

sensor-web-guide
  1. Tahan tombol “SET” untuk membuat lampu sensor berkedip (lepas tombol setelah berkedip)
  2. Pasang material dan letakkan di posisi sensor dekat lensa cahaya (material akan sepenuhnya menutupi lembaran transmisi cahaya berbentuk lingkaran). Tunggu 3 detik dan hapus semua material dari sensor.
  3. Tekan tombol “SET” hingga lampu tidak berkedip, lalu lepaskan tombol. Proses kalibrasi telah selesai.

Beberapa Masalah yang Rawan Terjadi

Dalam progress kerja mesin, beberapa masalah akan rawan terjadi. Untuk mengatasinya, berikut beberapa masalah serta solusi yang bisa dilakukan :

  1. Mesin akan berayun hingga batas alarm ketika beralih ke mode “otomatis”. Untuk mengatasinya anda dapat melakukan konfirmasi apakah polaritas sudah benar dan apakah sensor memiliki sinyal yang tepat.
  2. Kecepatan ayunan kiri dan kanan tidak konsisten dalam mode “otomatis”. Penyelesaian masalah ini dapat anda lakukan dengan memeriksa apakah sensor inframerah berubah rentang dari 0-100%.
  3. Saat ada material yang berbeda dalam mode “otomatis” dan web guide tidak berayun, perlu dilakukan kalibrasi ulang pada material

Beberapa Tips Perawatan Web Guide System

Kami memiliki beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menjaga web guide system anda tetap bekerja dengan maksimal, berikut beberapa tipsnya :

Tips Pengoperasian Sebelum Web Guide Bekerja

  1. Periksa dengan cermat apakah saklar daya dan lampu indikator sistem kontrol web normal.
  2. Periksa apakah lampu indikator listrik normal dan sensitivitas mata listrik dan motor.
  3. Apakah rem serbuk magnet dapat berfungsi dengan tepat waktu.
  4. Isi posisi kontak gigi dengan minyak pelumas untuk menjaga pelumasan antara roda dan mengurangi keausan mekanis untuk memastikan presisi panduan web.

Tips Pengoperasian Selama Web Guide Bekerja

  1. Adakah kelainan dalam koordinasi mata listrik, sistem kontrol, dan motor?
  2. Dengarkan suara, apakah ada kebisingan atau kebisingan berlebihan di bagian mekanis.
  3. Apakah suhu motor terlalu tinggi.

Beberapa Tips Setelah Web Guide Beroperasi

  1. Matikan semua sumber daya untuk mencegah penyearah tetap siaga setiap saat.
  2. Tutup penutup pelindung perangkat kontrol panduan web untuk menghindari benda-benda menabrak perangkat atau merusak panel kontrol.
  3. Lindungi mata listrik dari kerusakan oleh benda-benda eksternal.
  4. Lumasi bantalan motor dan batang sekrup.
  5. Tambahkan pelumas ke gigi dan rem serbuk magnet.

Tips Saat Pengujian Web Guide System

Selain tips pengoperasian, kami juga memiliki beberapa tips yang bisa anda lakukan saat melakukan pengujian pada web guide system :

  1. Biarkan mesin berjalan terlebih dahulu, jika ada deviasi, sesuaikan lapisan atas kain terlebih dahulu. Misalnya, jika ke kiri, harus disesuaikan ke kanan. Begitu pula sebaliknya, jika berbelok ke kanan, harus disesuaikan ke kiri.
  2. Sebelum menghidupkan mesin panduan web, pastikan bahwa kain teralign.
  3. Lalu hidupkan peralatan panduan web. Setelah mengidentifikasi kain, probe diatur dengan titik merah dan garis atas sejajar dengan tepi. Kemudian kencangkan baut bawah dan posisinya akan terlokasi.
  4. Setelah menentukan posisi, tekan tombol mode “otomatis”. Jika ada deviasi, semuanya akan diselaraskan dengan garis atas.
  5. Setiap lapisan sama, dan lapisan ini juga harus sejajar dengan titik merah. Sekrup bawah harus dilepaskan terlebih dahulu, dan kemudian probe dapat dipindahkan dan diselaraskan dengan titik merah.
  6. Setelah menyelaraskan titik merah, putar sekrup hitam.
  7. Lalu sentuh mode “otomatis”. Jika ada deviasi, mesin akan berayun dan secara otomatis memperbaikinya.
  8. Semua sistem tetap dalam mode “otomatis”. Sekarang panduan web berjalan secara otomatis, dan mesin tidak akan keluar dari jalurnya saat mulai.

Jalankan Produksi Web Guide dengan Maksimal

Semoga artikel tips ini dapat membantu anda mengoperasikan web guide system dengan maksimal sehingga proses produksi dapat berjalan dengan baik. Jika anda ingin mendapatkan web guide system dengan harga murah, anda dapat menghubungi kami pada kontak yang tersedia. Miliki juga beberapa produk lain dari PT. Prima Mas Agung seperti anti static bar dan viscosity controller.

Scroll to Top