Kelebihan dan Kekurangan Kemasan Kertas

kelebihan dan kekurangan kemasan kertas

Kemasan kertas atau yang biasa dikenal dengan paper packaging merupakan kemasan yang telah hadir sejak lama, bahkan sebelum kemasan plastik menjadi populer seperti sekarang. Di Indonesia sendiri, dengan berkembangnya banyak bisnis baru, terutama yang bergerak dalam bidang usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang menggunakan kemasan ini karena kemampuan yang dimiliki.

Di masa persaingan persaingan bisnis packaging seperti sekarang, banyak orang yang melakukan inovasi dalam kemasan mereka, salah satunya adalah menggunakan kemasan kertas sebagai packaging kreatif menyaingi kemasan plastik yang digandrungi banyak industri besar hari ini.

Kemasan jenis kertas kini menjadi tren baru dalam dunia packaging khususnya untuk UMKM dan beberapa usaha yang sedang fokus dalam isu pengemasan yang ramah lingkungan.

Pada pembahasan kali ini, kami akan mengulas secara lengkap tentang kelebihan dan kekurangan kemasan kertas yang digadang-gadang menjadi packaging yang tren masa kini.

Pembahasan Kemasan Kertas

Kemasan kertas pertama kali terkenal pada tahun 1852 dengan ditemukannya mesin pembuat paper bag yang menjadi cikal bakal perkembangan kemasan kertas hingga kini.

Kemasan kertas adalah segala bentuk packaging produk yang dikhususkan menggunakan berbahan dasar kayu alami. Pada penggunaan pada produk tertentu, kemasan kertas dibuatkan spesifikasi khusus untuk menyesuaikan produk yang akan dikemas.

Kelebihan

Dalam penggunaannya, kemasan kertas memiliki beberapa kelebihan yang menjadikan kemasan ini dapat muncul sebagai wajah baru dalam kemasan. berikut kelebihan dari kemasan tersebut :

Mudah Terurai Tanah

    Kemasan berbahan dasar kertas umumnya terbuat dari bahan yang dapat diurai oleh tanah, sehingga tidak akan meninggalkan bekas limbah yang akan merusak lingkungan

    Biaya Lebih Terjangkau

    Packaging jenis ini dinilai memiliki harga yang relatif terjangkau karena dalam pemesanannya tidak perlu melakukan investasi pada cylinder serta moq pemesanan yang biasanya lebih kecil.

    Tersedia Banyak Pilihan Bentuk

    Kekurangan

    Meskipun memiliki banyak kelebihan, kemasan kertas juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan sebelum memilihnya sebagai kemasan. Berikut adalah beberapa kekurangan kemasan kertas :

    Rentan terhadap air

    Kemasan kertas rentan terhadap kerusakan jika terkena air atau kelembaban. Ini dapat menyebabkan kerugian bagi perusahaan jika produk menjadi rusak selama proses pengiriman atau penyimpanan. Jika produk yang dikemas rentan terhadap air, seperti makanan yang mudah basah, kemasan kertas mungkin tidak menjadi pilihan yang ideal.

    Kemasan yang mudah sobek & tidak awet

    Jika Anda menggunakan kemasan kertas, anda harus siap jika packaging Anda tidak memiliki ketahanan yang baik pada beberapa keadaan tertentu. Jenis kemasan ini memang ringkih terhadap beberapa keadaan seperti rawan sobek.

    Penggunaan yang masih terbatas

    Packaging yang menggunakan bahan kertas masih memiliki beberapa keterbatasan sehingga memerlukan beberapa pengembangan lebih lanjut untuk penggunaan beberapa jenis produk.

    Banyak produk yang memang tidak bisa menggunakan kemasan jenis ini, seperti contohnya produk frozen food.

    Penutup

    Demikian tentang pembahasan kelebihan dan kekurangan kemasan kertas yang perlu anda ketahui. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan Anda untuk menentukan packaging yang tepat dalam bisnis Anda.

    Jika Anda adalah seorang pengusaha kemasan fleksibel dan tertarik untuk mengembangkan bisnis Anda dengan produk terbaik namun memiliki harga yang terjangkau, Anda dapat menghubungi sales kami untuk mengonsultasikan alat terbaik dalam menciptakan kemasan seperti mesin printing dan spare part pendukungnya.

    Informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami pada kontak di bawah

    Scroll to Top