Zipper Plastik untuk Packaging

zipper plastik packging

Zipper atau resleting plastik pada kemasan juga dapat berbeda-beda tergantung pada produk yang digunakan pada momen tertentu. Pada artikel kali ini, kami akan membahas seputar resleting atau zipper plastik yang biasa digunakan pada kemasan.

Kenapa Zipper Plastik Penting Untuk Packaging ?

Dengan berkembangnya zaman, kebutuhan akan penggunaan produk juga berkembang. Banyak orang yang membutuhkan sebuah kemasan yang tidak hanya mampu memberikan perlindungan seperti perlindungan debu, udara, atau cahaya matahari langsung, namun juga dapat digunakan kembali saat kemasan dibuka.

Tipe Zipper Untuk Packaging

Resleting untuk kemasan biasa digunakan pada umumnya memiliki beberapa tipe. Berikut beberapa tipe kemasan yang sering digunakan :

1. Zipper Press to Close

Jenis press to closs adalah jenis zipper yang banyak ditemukan. Resleting jenis ini memiliki mekanisme kerja yang terbilang cukup mudah bahkan bisa dilakukan oleh anak kecil sekalipun. Cara kerjanya adalah dengan menekan resleting untuk menutup kemasan, serta menarik bagian atas kemasan untuk membukanya. ini dapat kita jumpai di beberapa pengemasan seperti bungkus obat.

2. Tipe Double Track

Jenis double track ini terdiri dari dua jalur resleting. Metode ini memberikan kemampuan perlindungan dua kali lebih baik dibanding jenis resleting sebelumnya. Zipper double track sering digunakan pada kemasan yang membutuhkan akses yang mudah dan penutupan yang rapat, seperti kemasan kertas, snack, dan makanan ringan.

3. Zipper Anti-Leak

Resleting satu merupakan tipe yang dirancang khusus untuk mencegah kebocoran atau produk tumpah. Kemasan yang menggunakan resleting kemasan jenis ini biasa pula digunakan sebagai salah model kemasan child resistant.

Produk yang cocok menggunakan kemasan ini biasanya merupakan produk makanan maupun produk-produk cair (liquid). Selain itu, zipper jenis ini juga bisa digunakan untuk produk-produk bubuk seperti bedak atau terigu.

4. Slider Zipper

Tipe slide adalah satu tipe andalan yang cocok untuk penyimpanan berbagai macam produk seperti pensil, atau biasa dijadikan penutup untuk kantong seperti kantong make up. Ciri khas resleting ini adalah kepala resleting yang digunakan untuk membuka dan menutup kemasan agar produk yang disimpan tidak berhamburan saat dibawa.

5. Tipe Hook to Hook Zipper

Resleting tipe hook to hook merupakan jenis resleting baru dengan kemampuan saling mengait satu sama lain. Jenis ini memang mirip dengan model pengait kain yang biasa kita temui pada pakaian. Untuk penggunaannya, resleting jenis ini dapat digunakan di banyak pengemasan produk, penggunaannya juga cukup berkembang di beberapa wilayah seperti Amerika, China, dan Eropa.

Memilih Tipe Zipper yang Tepat

Dalam penggunaan zipper terhadap packaging atau kemasan, anda perlu memperhatikan kembali produk apa yang akan dikemas sehingga tidak terjadi kesalahan ataupun hasil pengemasan yang tidak diinginkan.

Selain itu, anda juga perlu melihat beberapa aspek lain seperti spesifikasi serta kecocokan harga agar industri pengemasan anda bisa terus dipercaya customer.

Scroll to Top