Mesin Pembuat Kemasan Pouch (Bag Making Machine)

bag making machine untuk membuat kemasan stand up pouch

Semakin berkembangnya bisnis di Indonesia terutama pada bidang usaha makanan. Banyak pengusaha mencoba beberapa hal baru untuk meningkatkan daya saing produk. Salah satu cara yang dilakukan para pengusaha adalah dengan meningkatkan packaging produk menggunakan kemasan pouch.

Kemasan pouch merupakan bentuk kantong yang terbuat dari bahan fleksibel seperti film plastik, PE/PP, aluminium foil, dan lain sebagainya yang dibentuk dengan beberapa model sehingga dapat menjadi sebuah kemasan atau packaging produk.

Penggunaan kemasan pouch kini digunakan tidak hanya untuk bisnis atau industri besar, banyak UMKM yang kini telah menggunakan kemasan pouch untuk membuat produk tampak lebih menarik atau beberapa fungsi khusus seperti meningkatkan ketahanan membuat produk lebih awet.

Bagaimana Kemasan Pouch Dibuat?

Pada industri kemasan, diperlukan beberapa langkah untuk membuat kemasan atau packaging sejenis pouch. Cara tersebut dilakukan menggunakan mesin otomatis yang berguna untuk meningkatkan efisiensi proses pembuatan. Mesin pembuat kemasan pouch tersebut biasa dikenal dengan nama bag making machine (mesin bag making) atau pouch making machine.

Rekomendasi Bag Making Machine untuk Membuat Kemasan Pouch

Bag making machine atau pouch making adalah mesin yang dirancang khusus untuk membuat pouch. Model kemasan yang dibuat juga akan bervariasi tergantung pada spesifikasi mesin. Berikut contoh produk dan rekomendasi mesin untuk digunakan : 

1. Bag Making Machine AMD Z Series

Jika anda tertarik untuk membuat beberapa kemasan kecil atau kemasan sachet seperti model center seal dan side seal anda dapat menggunakan mesin bag making AMD Z Series. Beberapa kemudahan yang anda akan dapatkan jika menggunakan bag making AMD Z Series seperti :

  • Tingkat kestabilan pengolahan produk yang tinggi.
  • Hemat biaya karena tidak perlu khawatir akan ada waste produk.
  • Memiliki suara yang tidak bising sehingga tidak akan mengganggu kenyamanan operator saat mesin bekerja.
  • Mudah untuk dioperasikan.

2. Mesin AMD-600DLMSC

Mesin yang satu merupakan pouch making andalan yang digunakan untuk membuat beberapa jenis kemasan pouch seperti stand up pouch. Anda dapat membuat beberapa variasi stand up pouch seperti memberikan bottom gusset ataupun membuat tambahan zipper agar produk dapat ditutup kembali setelah digunakan.

  • Dapat membuat kemasan pouch dengan tinggi hingga 580 mm serta lebar 300 mm.
  • Dapat menghasilkan kemasan stand up pouch hingga 150 pcs permenit.
  • Mesin pembuat pouch zipper berkualitas dengan harga terjangkau di kelasnya.
  • Dapat mengolah banyak jenis material.

Tips Menentukan Mesin Pembuat Pouch yang Tepat

Dalam menentukan mesin pembuat kemasan pouch, anda dapat mempertimbangkan beberapa hal penting agar tidak menyesal nantinya, seperti :

1. Kemampuan Mengolah Kemasan
Dengan kebutuhan bisnis yang beragam, diperlukan pula mesin yang memiliki kemampuan mengolah berbagai jenis material. 

2. Dapat mengolah Produk Dengan Cepat dan Tepat
Tidak hanya berfokus pada kecepatan, mesin pembuat kemasan juga harus memiliki alat pendukung berkualitas agar saat pengolahan material tidak terjadi kesalahan-kesalahan yang dapat menyebabkan kerugian.

3. Pertimbangkan Harga Mesin
Selain memperhatikan spesifikasi, diperlukan juga beberapa pertimbangan penting seperti harga dari mesin itu sendiri. Untuk menentukan mesin yang cocok, anda dapat memilih terlebih dulu kebutuhan pembuatan kemasan pouch anda. Setelahnya anda dapat mempertimbangkan mesin dengan penawaran harga yang cocok untuk menghemat biaya pengeluaran bisnis anda.

4. Pertimbangan Mesin yang Ramah Lingkungan
Sebagai tambahan, anda dapat memilih kemasan dengan spesifikasi yang memiliki efisiensi penggunaan sumber daya untuk menjaga keberlanjutan lingkungan. Selain itu, penting untuk memilih mesin yang mampu mengelola material yang ramah lingkungan.

Scroll to Top