Kemasan Makanan Ramah Lingkungan (Packaging Eco-Friendly)

Kemasan makanan adalah satu faktor penting yang mendukung berkembangnya industri pangan hingga saat ini. Namun, dengan semakin berkembangnya industri kemasan, kemasan makanan juga mengalami banyak perkembangan.

Tujuan Pengembangan Kemasan

Telah banyak inovasi yang dilakukan untuk mengembangkan kemasan terutama pada sektor makanan dan minuman. Beberapa perkembangan yang dibuat seperti pengembangan mesin pembuat kemasan, inovasi bentuk dan tampilan, bahkan hingga inovasi material dasar yang digunakan untuk membuat kemasan.

Pengembangan kemasan tersebut tentunya tidak lepas dari sebuah tujuan. Beberapa tujuannya seperti : 

1. Memberikan Kesan yang Menarik

Salah satu tujuan dari pengembangan produk adalah fungsi kesan pertama di saat orang melihat produk tersebut diantara beberapa produk sejenis. Hal ini bisa didapatkan dengan memberikan desain menarik dan unik pada kemasan yang dimiliki.

2. Membuat Bentuk Menarik

Selain warna, kemasan makanan dapat dikembangkan dengan membuat bentuk unik yang jarang dimiliki kemasan-kemasan lain. Teknik ini dapat efektif terutama jika produk yang dijual adalah produk makanan atau minuman anak. Anak-anak akan menyukai bentuk yang menarik.

3. Menggunakan Material yang Ramah Lingkungan

Pengembangan produk kemasan makanan tidak hanya berfokus pada keindahan tampilan, inovasi kemasan juga dapat dilakukan dengan membuat kemasan yang ramah lingkungan atau eco-friendly.

Kemasan ramah lingkungan merupakan kemasan yang penggunaan material kemasannya berasal dari bahan-bahan yang dapat terurai oleh tanah secara alami. Selain mudah terurai, kemasan yang ramah lingkungan juga biasanya tidak mengandung zat berbahaya jika kemasan terurai oleh tanah.

Contoh Kemasan Makanan Ramah Lingkungan

Kemasan ramah lingkungan sebenarnya sudah ada sejak lama terutama di Indonesia.  Material ramah lingkungan tersebut biasa dikenal sebagai kemasan tradisional. Namun, karena banyak produk makanan dan minuman yang memerlukan perlindungan khusus untuk menjaga cita rasa dan keawetan makanan. Karenanya, diciptakan kemasan modern yang dikembangkan dan dapat lebih mendukung lingkungan yang berkelanjutan.

Untuk contoh kemasan, berikut beberapa kemasan dari kemasan tradisional hingga kemasan modern yang termasuk dalam kemasan makanan ramah lingkungan : 

1. Kemasan Daun

Kemasan daun adalah jenis kemasan tradisional yang banyak digunakan untuk mengemas makanan sejak zaman dulu terutama di Indonesia. Daun yang paling banyak digunakan sebagai kemasan adalah daun pisang. Jenis kemasan ini banyak digunakan hingga kini karena model daunnya yang dikenal lebar dan mudah diaplikasikan pada banyak jenis makanan.

Selain itu, terdapat beberapa jenis daun lain yang bisa digunakan sebagai kemasan yakni daun jagung. Penggunaan daun ini dapat ditemukan pada beberapa makanan tradisional khas Indonesia seperti wajik,

2. Kemasan Bambu

Bahan jenis bambu ini juga dapat digunakan pada banyak produk terutama produk minuman. Selain kemasan, umumnya kemasan ini digunakan sebagai gelas untuk menyimpan makanan.

Tidak hanya sebagai gelas, kemasan ini juga banyak dapat digunakan sebagai pembungkus makanan jika dibentuk dalam sebuah anyaman. Penggunaan bambu ini dapat memberikan kesan tradisional yang menarik pada produk yang akan dikemas.

3. Kemasan Kertas

Beralih dari beberapa kemasan tradisional, sekarang kita akan membahas mengenai kemasan yang dapat dikategorikan sebagai kemasan modern. Kemasan pertama yaitu kemasan kertas. 

Kemasan ini adalah kemasan yang bisa diaplikasikan dengan beragam spesifikasi kemasan. Bisa digunakan untuk langsung membungkus seperti penggunaan daun, ataupun diolah terlebih dulu melalui mesin sehingga terbentuk model kemasan seperti yang diinginkan.

Pengaplikasian kemasan kertas ini dapat ditemukan pada produk sejenis MG paper, karton box, ataupun kemasan pouch kertas.

4. Kemasan Biodegradable

Ciptakan Kemasan yang Memberikan Perlindungan pada Alam

Jika anda adalah seorang pengusaha makanan, anda perlu segera mengganti penggunaan kemasan konvensional anda dengan kemasan makanan modern yang ramah lingkungan seperti kemasan biodegradable.

Scroll to Top