Gusset pada Packaging : Pengertian, Fungsi dan Keuntungan

Gusset merupakan bentuk teknis pada packaging atau kemasan produk untuk memberikan bentuk khusus pada kemasan itu sendiri. Istilah ini sangat sering ditemui pada beberapa produk terutama untuk kemasan plastik ataupun kemasan kertas.

gusset packaging

Kelebihan Menggunakan Gusset Pada Kemasan

Gusset pada packaging dapat membawa sejumlah keuntungan apabila diterapkan pada packaging produk. Berikut beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika menggunakan gusset : 

Meningkatkan Kapasitas Penyimpanan

Salah satu manfaat utama dari penggunaan gusset pada kemasan adalah peningkatan kapasitas penyimpanan. Dengan memberikan lipatan pada kedua bagian samping kemasan. gusset dapat membuat kantong kemasan menjadi lebih luas dan mampu menyimpan produk lebih banyak didalamnya. Hal Hal ini cukup menguntungkan terutama di pihak konsumen karena konsumen akan merasa produk dalam kemasan berjumlah lebih banyak.

Meningkatkan Stabilitas dan Kestabilan

Selain meningkatkan penyimpanan pada kemasan, anda juga dapat memberikan stabilitas tambahan pada kemasan dengan menciptakan permukaan yang lebih luas di bagian bawah kemasan, gusset membantu kemasan berdiri dengan lebih mantap dan mengurangi risiko terjatuh. Ini terutama penting untuk produk-produk yang lebih berat atau cairan, di mana stabilitas dan keseimbangan sangat diperlukan selama penyimpanan dan transportasi.

Memudahkan Penyegelan

Beberapa pengusaha kemasan terutama yang bergerak pada skala UMKM biasanya menggunakan mesin manual dibandng mesin bag making untuk penyegelan. Penambahan gusset bisa memudahkan para pengusaha UMKM melakukan penyegelan kemasan. 

Jenis-jenis Gusset pada Kemasan

Terdapat beberapa jenis gusset yang digunakan dalam kemasan, masing-masing memiliki tujuan dan kegunaan yang berbeda. Beberapa jenis gusset yang paling banyak ditemukan seperti : 

Side Gusset (Gusset Samping)

side gusset packaging

Side gusset adalah jenis gusset yang terletak di samping kemasan. Biasanya, ini terlihat pada kantong atau kemasan berbentuk kotak. Side gusset memberikan fleksibilitas tambahan pada sisi kemasan, memungkinkan untuk ekspansi dan pengisian yang lebih baik.

Bottom Gusset (Gusset Bawah)

bottom gusset packaging

Bottom gusset adalah jenis gusset yang terletak di bagian bawah kemasan. Gusset jenis adalah yang paling banyak ditemukan pada kemasan fleksibel saat ini. Bottom gusset menciptakan dasar yang lebih terbuka lebar, memberikan kemampuan pada kemasan untuk berdiri tegak dan membuat desain kemasan dapat lebih terlihat jelas.

Kemasan yang Cocok Menggunakan Gusset

Kemasan Kopi

Kemasan Teh

Beberapa kemasan yang berisi daun teh tubruk sangat cocok untuk menggunakan kemasan dengan variasi lipatan pada bagian sisi karena kemasan akan mampu menyimpan produk dalam jumlah yang cukup tanpa harus terlalu berhimpitan dalam kemasan.

Produk Kue Kering

Produk camilan seperti kue kering sangat cocok untuk menggunakan kemasan dengan lipatan untuk menjaga produk agar tidak mudah hancur karena ruang penyimpanan yang sempit.

Susu Bubuk

Dengan jumlah penyimpanan yang cukup besar, produk seperti susu sangat cocok jika menggunakan lipatan pada kemasan, selain untuk menampung volume produk yang cukup banyak, kemasan yang diberikan lipatan akan membantu alat seperti senduk untuk mengambil produk bubuk yang terkandung di dalamnya.

Makanan Hewan

Selain beberapa makanan, banyak makanan hewan atau ternak yang sudah menggunakan kemasan yang menggunakan lipatan pada kemasannya untuk produk mereka. Hal ini membuktikan bahwa lipatan pada kemasan tidak hanya berguna untuk makanan umum saja.

Semen dan Mortar

Tidak hanya berhenti pada beberapa kemasan pangan seperti yang disebutkan sebelumnya. Beberapa kemasan seperti karung kertas juga menggunakan kemasan dengan lipatan untuk menyimpan produknya.

Pupuk Tanaman

Beberapa produk lain seperti pupuk juga dapat dipertimbangkan untuk diberikan lipatan pada kemasan untuk mempermudah pengambilan produk di dalam jika menggunakan alat bantu seperti sekop kecil.

Pilihan Gusset Terbaik

Untuk menentukan beberapa pilihan gusset packaging terbaik, anda dapat memperhatikan kembali produk apa yang akan dimasukkan dalam kemasan. Jika produk yang disimpan membutuhkan volume yang cukup besar, atau alat bantu yang bantu yang cukup besar pula, maka kemasan dengan gusset cocok untuk dijadikan pilihan packaging produk anda.

Semoga artikel ini dapat memberikan bahan pertimbangan untuk membuat atau mengupdate kemasan produk anda menjadi lebih keren.

Scroll to Top