Fitur Degassing Valve Pada Kemasan Kopi : Penjelasan dan Fungsi

Untuk mengetahui bagaimana cara kerja, dan beberapa pembahasan lainnya, silahkan simak ulasan pada artikel ini.

fitur kemasan kopi

Pengertian Degassing Valve

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, degassing valve atau yang memiliki sebutan lain seperti one-way valve memiliki fungsi utama membuat gas keluar dari kemasan tanpa membiarkan udara dari luar masuk yang berfungsi menjaga dari oksidasi luar yang akan mengubah cita rasa kopi yang ada di dalam kemasan.

degassing valve kemasan kopi

Cara Kerja Degassing Valve

Mekanisme atau cara kerja valve terbilang cukup sederhana. Pada bagian dalam, valve berbentuk seperti per yang dilapisi oleh filter berbahan nylon yang berfungsi untuk memberikan ruang supaya udara dari dalam kemasan dapat bergerak keluar.

Begitu pula sebaliknya, ketika tekanan udara dari luar akan masuk ke dalam kemasan, maka lubang valve akan semakin tertutup rapat. Dengan kata lain, valve atau katup hanya akan bisa terbuka apabila mendapat tekanan dari dalam saja. Sementara di bagian luar, katup akan tetap tertutup rapat dan tidak memiliki ruang untuk masuk ke dalam kemasan.

Beberapa Keuntungan Menggunakan Degassing Valve

Banyak fungsi penting yang bisa didapatkan jika bisnis kopi anda menggunakan degassing valve sebagai  pilihan untuk kustomisasi kemasan anda. Diantaranya :

Menjaga sirkulasi Udara Dan Daya Tahan

Dalam setiap biji kopi murni, biasanya terkandung gas seperti karbon dioksida (CO2) atau beberapa kandungan gas lain. Hal ini akan berpotensi mengganggu udara dari dalam. Jika udara tidak segera dikeluarkan, maka usia kesegaran akan semakin menurun dan membuat kualitas kopi menjadi tidak awet. Dengan menggunakan degassing valve, gas yang dikeluarkan oleh kopi akan memiliki celah untuk keluar dari dalam kemasan.

Menjaga Kesegaran

Meski terdapat katup udara pada kemasan, anda tak perlu khawatir mengenai udara dari luar yang akan masuk. Degassing valve telah dirancang khusus dengan sistem menutup katup saat udara dari luar akan memasuki kemasann. Kemampuan ini berfungsi melindungi produk dari oksidasi luar yang akan mempengaruhi aroma dan cita rasa dari kopi.

Memberikan Kesan Unik Pada Kemasan

Selain beberapa fungsi utama tersebut, anda juga dapat meningkatkan rasa penasaran para calon customer dengan tampilan tambahan pada kemasan anda tanpa perlu khawatir desainnya terganggu karena valve hanya berbentuk beberapa lubang kecil yang tidak terlalu mencolok namun tetap membuat berbeda dari kemasan lain.

Apakah Valve Berguna Untuk Produk Selain Kopi ?

Selain pada kemasan kopi, degassing valve juga dapat ditemui pada beberapa produk seperti produk makanan hewan. Fungsinya pun tidak berbeda jauh dengan produk kopi, yaitu untuk menjaga kesegaran dari produk dalam kemasan dengan mengatur sirkulasi udara agar dapat keluar dari kemasan tanpa membuat udara dari luar masuk.

Meski demikian, jumlah penggunaan one way valve masih didominasi oleh produk-produk olahan kopi yang membuat valve pada kemasan ini masih terkenal sebagai ciri khas dari kemasan kopi.

Ciptakan Bisnis Besar Dengan Membuat Kemasan Kopi yang Menarik

Jangan sampai melewatkan membangun bisnis besar dengan menciptakan bisnis kemasan terutama bisnis kemasan kopi yang sedang tren di masa sekarang. Anda dapat mengkonsultasikan mesin serta produk pembuat kemasan terbaik dengan harga yang paling terjangkau pada kami. 

Segera hubungi sales kami pada kontak yang tersedia dan dapatkan penawaran harga terbaik untuk pemesanan anda.

Scroll to Top