Corona Treatment Machine | Peningkat Adhesi Film Substrat

corona treatment machine

Tidak semua bahan film dapat diolah dengan baik dan menjadi kemasan fleksibel sesuai keinginan. Oleh karena itu dibutuhkan bantuan alat yang disebut Corona Treatment Machine yang berguna untuk membantu substrat seperti plastik atau kertas dapat menjadi satu bentuk kemasan utuh dan sempurna.

Corona Treatment Machine atau mesin corona treatment adalah mesin yang biasa digunakan pada industri pengemasan yang digunakan untuk banyak kebutuhan seperti industri printing seperti rotogravure dan flexo, kebutuhan coating dan laminasi, kebutuhan extrusion atau ekstrusi, dan masih banyak lainnya.

Manfaat Corona Treatment Machine

Corona treatment memiliki kegunaan pada film atau permukaan substrat untuk meningkatkan wettability dan adhesi pada tinta dan coating

Berikut beberapa manfaat dari penggunaan corona treatment, seperti : 

H3: Meningkatkan Adhesi Produk

Beberapa permukaan substrat tidak memiliki adhesi yang cukup baik untuk diolah menjadi produk kemasan. Jika permukaan substrat sudah diionasi oleh corona treatment, maka film akan lebih mudah saat ditempelkan dan dibentuk menjadi kemasan siap pakai.

Mengendalikan Penyebaran Tinta

Corona treatment juga membantu mengendalikan penyebaran tinta selama proses pencetakan. Permukaan yang telah diolah dengan corona treatment machine akan lebih mudah mudah menyerap tinta dan menghasilkan hasil cetakan yang lebih tajam dan akurat.

Komponen Utama Corona Treatment

Corona treatment machine bekerja dengan 2 komponen utama, yaitu corona treater station dan corona generator. Kedua alat ini merupakan kesatuan mesin yang bertanggung jawab untuk meningkatkan energi adhesi pada permukaan substrat.

1. Corona Station

corona treatment machine corona station

Corona station adalah salah satu alat utama dalam mesin corona treatment. Alat ini berfungsi untuk mengarahkan tegangan tinggi ke permukaan bahan yang akan diberikan treatment.

Corona station bertujuan untuk meningkatkan daya rekat permukaan bahan dengan mengubah sifat permukaannya melalui oksidasi agar substrat lebih mampu berinteraksi dengan tinta, perekat, atau bahan lainnya. Proses kerjanya dimulai dengan mengaplikasikan tegangan tinggi ke elektroda. Selanjutnya, tegangan tini akan menghasilkan aliran listrik melalui udara di antara elektroda dan permukaan bahan yang akan menciptakan reaksi kimia pada permukaan substrat.

2.Corona Generator

corona treatment machine corona generator

Corona Generator adalah alat pendukung Corona Station untuk menghasilkan tegangan tinggi yang dibutuhkan untuk proses treatment. Corona generator bertindak sebagai sumber energi yang berguna untuk membentuk aliran listrik berkekuatan tinggi yang menghasilkan tegangan yang cukup untuk melakukan treatment.

Cara Kerja Corona Treatment Machine

Corona treatment machine bekerja berdasarkan prinsip pembentukan plasma. Proses ini dimulai dengan menghasilkan tegangan tinggi melalui corona generator. Tegangan ini kemudian diarahkan melalui elektroda di corona station menuju permukaan substrat.

Aplikasi Corona Treatment

Corona Treatment dapat diaplikasikan pada banyak industri, diantaranya : 

  • Industri printing, seperti rotogravure, flexo, dan digital printing
  • Blown Film
  • Coating
  • Mesin Slitting
  • Label dan Narrow Web
  • Mesin Ekstrusi

Rekomendasi Corona Treatment Terbaik

Kami memiliki banyak Corona Treatment Machine dengan penawaran harga terbaik serta jaminan kualitas. Segera hubungi tim kami untuk konsultasi dan penawaran harga pada kontak yang tersedia di bawah ini

Kontak Kami :

Scroll to Top