Rekomendasi Kemasan Produk Kopi

Untuk meningkatkan nilai jual dari produk kopi, diperlukan beberapa metode khusus supaya produk kopi anda dapat terlihat menarik sehingga mampu mendorong penjualan dengan nilai tinggi.

rekomendasi kemasan kopi

Mengapa Membuat Kemasan Kopi Menjadi Hal Penting?

Berbicara tentang pengembangan bisnis kopi, tentu saja hal tersebut tak bisa dilepas dari pemilihan kemasan terbaik. Jika bisnis kopi tidak didampingi dengan pemilihan kemasan yang baik maka kualitas kopi yang disimpan dikhawatirkan akan menurun dan membuat konsumen enggan untuk menikmati kopi yang anda pasarkan.

Faktor-Faktor Penting dalam Memilih Kemasan Kopi

Sebelum kita membahas jenis kemasan kopi, penting untuk memahami faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan kemasan. Beberapa faktor utama termasuk :

1. Melindungi dari Paparan Sinar Matahari Langsung

Cahaya dapat mempengaruhi kualitas kopi dengan memicu reaksi kimia yang dapat mengubah karakteristik rasa. Kemasan yang dapat memblokir cahaya UV adalah pilihan yang bijaksana.

2. Perlindungan Terhadap Oksidasi

Bagian ini merupakan bagian terpenting dalam memilih kemasan, kopi merupakan produk yang rentan terhadap oksidasi yang dapat mengurangi kualitas rasa dan aroma. Karenanya, diperlukan kemasan yang bisa menghalangi udara luar masuk.

3. Memberikan Sirkulasi Udara yang Baik

Tidak hanya udara dari luar, produk biji kopi juga berpotensi menyimpan udara yang harus dikeluarkan sedikit demi sedikit, karena itu diperlukan tools khusus pada kemasan yang dapat mengeluarkan udara dari dalam namun tidak membuat udara dari luar masuk.

4. Kemasan yang Mendukung Keberlanjutan Lingkungan

Sebagai pertimbangan tambahan, anda dapat meningkatkan nilai dari kemasan anda dengan menggunakan kemasan yang ramah terhadap lingkungan. 

Dengan menggunakan kemasan yang dapat didaur ulang seperti kemasan biodegradable atau kemasan kertas, anda tidak hanya dapat meningkatkan branding dari produk kopi anda, tapi juga mendukung lingkungan yang lebih baik.

Rekomendasi Jenis-Jenis Kemasan Kopi

Setelah mengetahui tentang hal apa saja yang dibutuhkan pada kemasan kopi, anda dapat memilih material kemasan apa saja yang cocok untuk dijadikan kemasan, seperti kemasan flexible. Anda juga dapat menentukan material kemasan tersebut seperti : 

1. Kemasan Plastik

Kemasan dengan material plastik merupakan jenis yang sedang banyak digunakan. Hal ini dikarenakan materialnya yang awet dan tidak mudah rusak. Selain itu, anda dapat mengkreasikan desain pada seluruh permukaan kemasan agar terlihat lebih menarik.

Anda juga dapat memilih kemasan dengan material plastik biodegradable yang dapat terurai oleh bakteri atau mikroorganisme yang berada di tanah.

2. Kemasan Kertas

Selanjutnya adalah kemasan dengan jenis kertas. Kemasan jenis ini memang sudah dikenal dengan karakteristiknya yang mudah terurai atau ramah lingkungan. Hal tersebut dapat memberikan kesan ramah lingkungan terhadap merek anda.

Fitur Wajib Kemasan Kopi

Pada kemasan kopi terutama yang berbentuk standing pouch, ada satu fitur yang wajib ada, yakni degassing valve. Jenis valve ini mendukung kopi yang ada dalam kemasan agar dapat mengeluarkan gas yang dikeluarkan kopi dari dalam kemasan namun tidak membuat udara luar dapat masuk.

Rekomendasi untuk Kemasan Kopi Terbaik

Jika anda ingin membuat kemasan terbaik, anda juga perlu mempertimbangkan kembali beberapa hal penting seperti target serta budget dari pembuatan kemasan itu sendiri. Karenanya, dibutuhkan beberapa pertimbangan penting supaya tidak salah dalam memilih

Bangun Industri Kemasan Bersama Kami

Segera hubungi kami dan dapatkan penawaran harga terbaik.

Scroll to Top